Rosalin, Agnes Oka (2018) VISUALISASI OBJEK DUNIA NYATA DALAM GAMBAR GRAFIS MENGGUNAKAN TEKNIK 3D FOTOREALISTIS RENDERING DENGAN ALGORITMA RAY TRACING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan rekayasa gambar digital semakin menembus batas realisme yang sempurna. Untuk membentuk gambar grafis yang realistis, sehingga mencerminkan realita yang sebenarnya, digunakan pemodelan 3D dan teknik rendering yang fotorealistis. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat gambar grafis realistis untuk menvisualisasikan objek dunia nyata dalam bentuk gambar 3 dimensi. Dari pembuatan gambar grafis ini, akan dianalisa aspek-aspek yang mendukung pemodelan 3D sehingga terlihat nyata, serta menganalisa algoritma. Ray-tracing saat digunakan untuk memproses model 3D tersebut menjadi gambar grafis. Ray-tracing adalah teknik rendering yang menghitung gambar adegan dengan mensimulasikan cara sinar cahaya berjalan di dunia nyata. Proses pembuatan gambar grafis ini berkaitan dengan studi geometri, karakteristik permukaan dan pencahayaan. Metodologi dalam pembuatan gambar grafis ini menggunakan metodologi MDLC.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM: 16.01.63.0020 SKR.I.05.01.1691 |
Uncontrolled Keywords: | fotorealistis 3D, ray-tracing, geometri, karakteristik permukaan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Faculty / Institution: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | R Ria |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 07:19 |
Last Modified: | 21 Nov 2018 07:19 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/4908 |
Actions (login required)
View Item |