Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

OPTIMALISASI RUTE PENANGANAN GANGGUAN DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA (STUDI KASUS PENANGANAN GANGGUAN LAYANAN INDIHOME)

Hernawan, Aldy (2018) OPTIMALISASI RUTE PENANGANAN GANGGUAN DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA (STUDI KASUS PENANGANAN GANGGUAN LAYANAN INDIHOME). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

IndiHome merupakan produk layanan dari Telkom Group berupa paket layanan meliputi layanan komunikasi, data dan entertainment. Pelanggan IndiHome tiap tahun terus meningkat. Semakin banyak jumlah pelanggan, akan berbanding lurus dengan jumlah gangguan yang mungkin terjadi terhadap layanan IndiHome. Terbatasanya teknisi maintenace pasti akan membuat penanganan gangguan yang banyak akan mengalami waktu penanganan yang lama. Pemborosan waktu perjalanan teknisi ke tempat pelanggan yang mengalami gangguan merupakan salah satu faktor yang membuat penanganan gangguan menjadi lama. Apabila penanganan gangguan diurutkan pada rute terpendek maka akan menghemat waktu tempuh dan biaya operasional. Algoritma Dijkstra membutuhkan parameter tempat asal dan tempat tujuan sehingga menghasilkan jarak terpendek dari tempat asal ke tempat tujuan beserta rutenya. Oleh karena itu, penerapan Algoritma Djikstra dapat digunakan didalam menentukan rute terpendek dalam penanganan gangguan layanan Indihome. Dalam hal ini, ditentukan jalan manakah yang harus dilalui sehingga dapat dicari tempat tujuan dengan jarak terpendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 16.01.63.0027 SKR.I.05.01.1695
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Rute Penanganan Gangguan, Algoritma Dijkstra
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: R Ria
Date Deposited: 21 Nov 2018 09:36
Last Modified: 21 Nov 2018 09:36
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item