Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM ACCOUNT KAWAII COKELAT)

Arief, Chandra (2019) PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM ACCOUNT KAWAII COKELAT). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap minat beli followers Instagram Kawaii Cokelat. Penelitian ini berjenis kuantitatif yang menggunakan data primer. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey yang dikumpulkan dengan kuesioner digital (Google form) yang disebarkan melalui Direct Message (DM) Instagram. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah followers Instagram account Kawaii Cokelat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan penghitungan sampel menggunakan teknik slovin dengan minimal sampel 97 responden. Kuesioner yang tersebar berjumlah 230 tetapi yang memberikan tanggapan hanya 120 responden dan 2 kuesioner dianggap rusak karena jawaban yang diberikan tidak lengkap sehingga data yang dapat di olah hanya 118 responden. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor yang didalamnya terdapat uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persamaan regresi linier berganda dibuktikan dengan menggunakan uji model (F), uji koefisien determinasi (R²) dan uji hipotesis (t). Hasil dari uji model (F) memiliki nilai 145,561 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga variabel citra merek dan persepsi harga dinyatakan berpengaruh secara bersama-sama. Kuatnya pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat dibuktikan dengan nilai R² sebesar 0,712 atau kedua variabel bebas dinyatakan dapat mempengaruhi variabel terikat sebesar 71,2 persen. Hasil uji hipotesis (t) variabel citra merek memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 10,261 serta beta sebesar 0,673 sehingga H1 dinyatakan diterima dan pada variabel persepsi harga memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,597 serta beta 0,236 sehingga H2 dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR.V.05.51.1304 NIM.15.05.51.0344
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Instagram, Kawaii Cokelat, Citra Merek, Persepsi Harga, Minat Beli.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:27
Last Modified: 13 Nov 2019 08:27
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item View Item