Oktaviani, Dini (2019) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, LOKASI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Hotel Horison Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, lokasi dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Hotel Horison Semarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitan ini adalah 100 pelanggan Hotel Horison Semarang yang telah melakukan penginapan sebanyak lebih dari 2 kali. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 (lima) alternatif jawaban. Pengujian instrumen menggunakan validitas yang menunjukan hasil nilai KMO >0,5 dan nilai loading factor >0,4 dan reliabilitas yang menunjukan nilai cronbach alpha >0,70. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,147X1 + 0,321X2 + 0,476X3 + ℯ. Variabel yang paling kuat adalah citra perusahaan (0,476) dan diikuti oleh lokasi (0,321) dan yang terakhir kualitas layanan (0,147). Pengujian model menggunakan koefisien determinasi dan uji F (goodness of fit). Pada nilai dari 0,711 yang menunjukan bahwa 71,1 persen dari kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas layanan, lokasi dan citra perusahaan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitas layanan, lokasi, citra perusahaan dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKR.V.05.51.1338 Nim.15.05.51.0304 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: kualitas layanan, lokasi, citra perusahaan, kepuasan pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Farida Sri Endaryani |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 07:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 07:26 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/5757 |
Actions (login required)
View Item |