Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH HARGA, CITRA MEREK, DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Kelompok Remaja di Wilayah RW 02 Lokasi di Jalan Mayangsari, Kelurahan Kalipancur, Kota Semarang)

Karomah, Siti (2020) PENGARUH HARGA, CITRA MEREK, DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Kelompok Remaja di Wilayah RW 02 Lokasi di Jalan Mayangsari, Kelurahan Kalipancur, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] PDF (HALAMAN JUDUL)
Download (497kB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (190kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (449kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (692kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, citra merek, dan atribut produk terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung pada kelompok remaja di Wilayah RW 02 Mayangsari. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok remaja pengguna Handphone Samsung di Wilayah RW 02 Mayangsari. Penelitian ini menggunakan teknik sensus yaitu mengambil seluruh kelompok remaja RW 02 Mayangsari sebanyak 110 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer, dengan kuesioner sebagai instrumen dalam penelitian dan pengukurannya menggunakan skala Likert yang diolah secara statistik menggunakan metode analisis regresi linear berganda melalui program IBM SPSS Statistics 21 dengan hasil Y=0,320X1+0,246X2+0,329X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga (X1), citra merek (X2), dan atribut produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini terlihat dari F hitung = 50,702 dengan nilai signifikansi 0,000. Besar pengaruh variabel harga, citra merek, dan atribut produk terhadap keputusan pembelian adalah 57,8% ditunjukkan dengan nilai (R Square) yaitu 0,578 sedangkan sisanya sebesar 42,2% dijelaskan oleh variabel lainnya. Secara parsial variabel (X1) dengan nilai t hitung 3,916 dan nilai signifikansi 0,000 yang berarti berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian, variabel (X2) dengan nilai t hitung 2,763 dan nilai signifikansi 0,007 yang berarti berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian dan variabel (X3) dengan nilai t hitung 3,900 dan nilai signifikansi 0,000 yang berarti berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel harga, citra merek, dan atribut produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semua hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. ABSTRACT This study aims to test and analyze the effect of price, brand image, and product attributes on purchasing decisions for Samsung mobile phones in youth groups in the RW 02 Mayangsari area. The population in this study was a group of teenage Samsung mobile users in the RW 02 Mayangsari area. This study used census techniques, namely taking the entire group of 110 RW 02 Mayangsari teenagers. The data used in this study are primary data, with a questionnaire as an instrument in the study and its measurement using a Likert scale which is statistically processed using the multiple linear regression analysis method through the IBM SPSS Statistics 21 program with the result Y = 0.320X1 + 0.246X2 + 0.329X3. The results showed that the variable price (X1), brand image (X2), and product attributes (X3) had a significant effect on purchasing decisions (Y). This can be seen from F count = 50,702 with a significance value of 0.000. The influence of the variable price, brand image, and product attributes on purchasing decisions is 57.8% indicated by the value (R Square) is 0.578 while the rest is 42.2%. Partially variable (X1) with a t value of 3.916 and a significance value of 0.000 which has a positive and significant effect on purchasing decisions, variable (X2) with a t value of 2.763 and a significance value of 0.007 which means a positive and significant effect on purchasing variables and variables (X3 ) with a t value of 3.900 and a significance value of 0.000 which has a positive and significant effect on purchasing decisions. Thus, it can be ignored that the variable price, brand image, and product attributes partially have a positive and significant effect on purchasing decisions. All hypotheses in this study can be accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR.V.05.51.1755 NIM 16.05.51.0160
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Harga, Citra Merek, Atribut Produk, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lisa Noviani Maghfiroh
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:59
Last Modified: 10 Nov 2020 04:59
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/7429

Actions (login required)

View Item View Item