Pratama, Miftakhul Ibnu RIkam (2021) IMPLEMENTASI METODE VISUAL STORYTELLING PADA GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BERBASIS VISUAL NOVEL. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.
PDF (HLM JUDUL)
Download (615kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
Download (81kB) |
|
PDF (BAB I)
Download (111kB) |
|
PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
|
PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (99kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
Abstract
Pada pembelajaran matematika yang berisikan angka dan rumus adalah hal umum yang terjadi pada siswa, sedangkan apabila siswa disajikan pembelajaran game edukasi berbasis visual novel yang memiliki animasi dan gambaran visual yang menarik membuat siswa dapat menikmati pembelajaran matematika menjadi menyenangkan. Game yang bertemakan edukasi sudah cukup banyak pengembangannya, namun lain halnya dengan penggunaan metode visual storytelling dan dengan berbasis visual novel, maka game edukasi yang cenderung akan langsung diperlihatnya pembelajaran begitu dimulai diganti dengan cerita yang runtut sesuai dengan basis visual novel. Mata pelajaran matematika sendiri sudah terkenal dengan kesulitannya, karena hanya memiliki satu jawaban pasti dan rumus yang harus diproses dengan tanpa kesalahan, maka cara membangun model pembelajan dalam game edukasi berbasis visual novel menggunakan metode visual storytelling agar siswa dengan mudah memahami pelajaran matematika. Penelitin ini bertujuan tentang penerapan metode visual storytelling dalam game edukasi matematika, game visual novel yang memiliki keunggulan dalam menyampaikan sebuah cerita dan memiliki fitur berupa alur pemanfaatan alur cerita yang berubah-ubah dan akan digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman pemain dalam materi matematika, untuk memaksimalkan penyampaian materi dan mengetahui tingkat pemahaman materi maka disimpulkanlah penggunaan metode visual storytelling pada game edukasi matematikan yang berbasis visual novel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM:16.01.53.0065 SKR.I.05.01.1969 |
Uncontrolled Keywords: | visual storytelling, visual novel, game edukasi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Faculty / Institution: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Ani Mariawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 03:52 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 07:52 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/7806 |
Actions (login required)
View Item |