Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE BASED MARKER DAN MARKERLESS TRACKING STUDI KASUS UNIVERSITAS STIKUBANK

Pamungkas, Agil Septia (2021) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE BASED MARKER DAN MARKERLESS TRACKING STUDI KASUS UNIVERSITAS STIKUBANK. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HLM JUDUL] PDF (HLM JUDUL)
Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (16kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (519kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (338kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah kebiasaan dan tatanan kehidupan masyarakat dunia. Masa pandemi, strategi branding dan promosi digital sangat dibutuhkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Selain menggunakan platform media social kita juga dapat memanfaatkan teknologi augmented reality. Berfokus pada mahasiswa baru, teknologi augmented reality tentunya dapat memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa, dengan menyampaikan informasi mengenai Universitas Stikubank melalui karakter 3D. Implementasi augmented reality di dalam penelitian ini di bangun dengan memanfaatkan sumber dari aplikasi lain serta framework ARCore sebagai machine learning augmented reality yang digabungkan dalam software Unity. Menggunakan metode based marker dan markerless aplikasi ini memanfaatkan fundamental dari ARCore dengan teknik image tracking, dan instant placement. Nantinya di dalam aplikasi di masukan beberapa fitur tambahan seperti Face Recognition untuk lebih mengenalkan dan memberikan pengalaman berbeda kepada mahasiswa baru. Teknologi augmented reality berkembang dengan sangat pesat dan penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber untuk mengembangkan teknologi augmented reality yang lebih kreatif dan variatif bagi mahasiswa unisbank nantinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM:15.01.53.0009 SKR.I.05.01.1985
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Markerless, Blender, Unity, ARCore
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:56
Last Modified: 08 Jun 2021 03:56
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/7857

Actions (login required)

View Item View Item