Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENERAPAN KUALITAS LAYANAN DI PERUMDA AIR MINUM BANYUMILI KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH

Naufal, Mochammad Yusuf (2021) PENERAPAN KUALITAS LAYANAN DI PERUMDA AIR MINUM BANYUMILI KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] PDF (HALAMAN JUDUL)
Download (954kB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (271kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (135kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (243kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pelanggan menjadi sasaran strategis agar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang serta tetap eksis dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang (PDAM). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan air minum Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang. Metode penelitian menggunakan penelitian desktiptif kualitatif dengan dokumentasi serta wawancara kepada narasumber. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat erat dengan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat diketahui dari hasil Analisa data tersebut diperoleh temuan-temuan sebaga berikut : upaya Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan terlihat dari bukti fisik, kehandalan, respon, jaminan, dan empati. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan kualitas layanan yang baik dapat menghasilkan kepuasan pelanggan. Dengan upaya-upaya tersebut Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang berhasil meyakinkan pelanggan melalui Survei Kepuasan Pelanggan (SKM) yang dinilai “BAIK” dengan rata-rata nilainya adalah 69,79

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR.V.05.51.1918- nim 14.05.51.0241
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kualitas layanan, Kepuasan pelanggan, Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lisa Noviani Maghfiroh
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:25
Last Modified: 10 Dec 2021 07:00
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item View Item