Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KERUSAKAN KOMPUTER DENGAN METODOLOGI FORWARD CHAINING BERBASIS TELEGRAM BOT

Putra, Satria Nur Rasyid Kusuma (2022) APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KERUSAKAN KOMPUTER DENGAN METODOLOGI FORWARD CHAINING BERBASIS TELEGRAM BOT. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] PDF (HALAMAN JUDUL)
Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (245kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (189kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (158kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan zaman menyebabkan bertambah banyaknya perangkat digital yang digunakan untuk menunjang kehidupan manusia khususnya komputer, namun banyaknya komputer beserta penggunanya tidak berbanding lurus dengan banyaknya pakar komputer yang dibutuhkan ketika ada kerusakan pada sebuah komputer. Salah satu cara untuk untuk mengatasi hal tersebut yaitu menciptakan sebuah sistem pakar agar pengguna mempunyai ilmu layaknya seorang pakar. Komputer di RSUP dr. Kariadi semakin bertambah dimana petugas IT yang tersedia tidak cukup untuk menangani kerusakan komputer dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi pertugas IT untuk dapat menyalurkan ilmu komputer mereka agar bisa digunakan pengguna untuk menyelesaikan kerusakan komputer ringan. Sistem pakar yang dibuat menggunakan metodologi forward chaining dengan aplikasi yang dikemas berbasis telegram bot, karena ringan dan dapat diakses oleh siapa saja. Sistem pakar ini dikemas berupa urutan troubleshoot sesuai dengan tampilan messenger agar pengguna merasa terpandu untuk menemukan permasalahan komputernya. Sistem pakar yang dibuat mampu mengurangi antrian order karena kerusakan ringan dapat diatasi oleh pengguna dan juga mengurangi waktu downtime kerusakan komputer. Untuk saat ini kerusakan yang dicakup hanya hardware komputer dan yang sering terjadi di RSUP dr. Kariadi maka untuk pengembangan selanjutnya bisa menambahkan kategori dan fitur berdasarkan kebutuhan. The development of the times have caused an increase in the number of digital devices used to support human life, especially computers, but the number of computers and their users is not directly proportional to the number of computer experts needed when the computer have a problem. One way to overcome this is to create an expert system so that users have knowledge like an experts. Computers at RSUP dr. Kariadi is increasing where there are not enough available IT personnel to deal with computer problem quickly. This study aims to facilitate IT officers to be able to take advantage of their computer knowledge so that it can be used by users to solve minor computer problems. The expert system created using the forward chaining methodology with packaged applications based on telegram bots, because it is lightweight and can be accessed by anyone. This expert system is packaged in a sequence of problem solving according to the appearance of themessenger so that users feel guided to find computer problems. The expert system created is able to reduce the queues job because the problem can be overcome by the user and also reduces the downtime of computer problem. For now, the damage covered is only computer hardware and that often occurs in RSUP dr. Kariadi then for further development can add categories and features based on needs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR.I.05.01.2075 NIM.17.01.53.2013
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Troubleshooting, forward chaining, Telegram, Messenger, downtime, Hardware komputer Expert System, Troubleshooting, forward chaining, Telegram, Messenger, downtime, Computer hardware
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teteh Hayati
Date Deposited: 19 May 2022 05:48
Last Modified: 20 May 2022 01:27
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item