Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Melalui Online Di Kota Semarang

Krisdewanti, Sagita Putri (2022) Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Melalui Online Di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HLM JDL] PDF (HLM JDL)
Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (319kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (405kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (299kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Kegiatan jual beli secara online merupakan cara baru yang cukup berkembang saat ini, sebab dapat memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan berbelanja. Tranksasi online menjadi pilihan karena memiliki keunggulan antara lain lebih praktis serta mudah dan dapat dilakukan kapanpun selama memiliki koneksi internet, namun di sisi lain memiliki dampak negatif yaitu timbulnya permasalahan hukum yang dapat menimbulkan kerugian bagi konsumen. Pentingnya perlindungan hukum terhadap konsumen dikarenakan konsumen mensyaratkan adanya pemihakan kepada posisi tawar yang lemah (konsumen). Adanya perlindungan hukum untuk konsumen ini merupakan suatu masalah yang besar dengan adanya persaingan global yang terus berkembang. Adanya perlindaungan hukum yang di terbitkan oleh pemerintah ini telah membuat rasa aman dan nyaman kepada masyarakat terlebih untuk menggunakan layanan jual beli online melalui internet dan menjadikan masyarakat terhindar dari hal penipuan atau yang lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif atau metode kepustakaan adalah metode yang yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang ada. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Dalam e-commerce seorang penjual memberikan penawaran terhadap barang yang dimilikinya untuk dijual melalui media elektronik, yaitu internet dengan memasukkan penawaran tersebut dalam situs, baik yang ia kelola sendiri untuk melakukan perdagangan atau memasukannya dalam situs lain. Munculnya Undang – Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) memberikan dua hal penting yakni, pertama pengakuan transaksi elektronik dan dokumen elektronik dalam kerangka hukum perikatan dan hukum pembuktian, sehingga kepastian hukum transaksi elektronik dapat terjamin dan yang kedua diklasifikasinnya tindakan-tindakan yang termasuk kualifikasi pelanggaran hukum terkait penyalahgunaan teknologi informasi disertai dengan sanksi pidananya. Dengan adanya pengakuan terhadap transaksi elektronik dan dokumen elektronik maka setidaknya kegiatan ecommerce mempunyai basis legalnya. Pembeli di sini dapat dengan leluasa memilih transaksi mana yang sesuai dengan yang ia cari, dalam menjelajah situs dalam internet, pembeli layaknya orang yang berbelanja secara konvensional dengan melihat etalase-etalase yang dipajang oleh tiap-tiap toko dan jika ia menemukan suatu yang ia cari maka ia dapat melakukan transaksi viii dengan penjual yang memberikan penawaran dalam situs tersebut yang diandaikan dengan toko secara konvensional. Secara normatif, UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen menyebutkan bahwa dalam pasal 4 huruf (a) menyatakan hak konsumen adalah kenyamanan, keamanan, keselamatan dalam mengkonsumsi barang/jasa. Kemudian dijelaskan lagi pasal 4 huruf (c), (d), (e), (f), (g), (h), (i), yakni hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa, hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut, hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen, hak unduk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif, hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM:16.02.51.0072 SKR.II.05.01.0377
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Faculty / Institution: Fakultas Hukum
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 24 May 2022 04:20
Last Modified: 24 May 2022 04:20
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item View Item