Salega, Devi Hari (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN TENTANG PRODUK CACAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.
PDF (HLM JUDUL)
Download (434kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
Download (106kB) |
|
PDF (BAB I)
Download (264kB) |
|
PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (152kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
Abstract
TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN TENTANG PRODUK CACAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DEVI HARI SALEGA, ADI SULIANTORO SH.,M.H Fakultas Hukum dan Bahasa, Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang E-mail devisalega07@gmail.com, adisuliantoro@edu.unisbank.ac.id ABSTRACT Kurang insentifnya pengujian terhadap suatu produk yang dihasilkan dapat mengakibatkan terjadinya kasus produk cacat di masyarakat, karena pengawasan yang lemah yang dilakukan oleh pelaku usaha/produsen ataupun olehninstansi maupunnlembaganyangnberwenang menanganinmasalahnpengawasan tersebut. Perangkatnperaturannperundang-undangan diperlukan. untukn mewujudkann keseimbangannperlindungannkepentingannkonsumen dannpelakunusaha sehingga terciptanperekonomiannyangnsehat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kepustakaan atau metode pendekatan yuridis normatif , yang didapat berdasarkan perundangundangan, teori, atau konsep yang berhubungan dengan permasalahan yang terjadi. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ketentuan perlindungan konsumen telah terdapat secara generalis terdapat dalam KUHPer, dan secara spesialis terdapat dalam UU Perlindungan Konsumen.Mengenai tanggungjawab pelaku usaha terhadap kasus cacat kemasan diatur dalam pasal 19 sampai deng 28 UUPK. Upaaya Pemerintah dalam menanggulangi cacat dipasaran yaitu dengan melakukan pembinaan dan pengawasan melalui tindakan preventif dan represif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM:17.02.51.2010 SKR.II.05.01.0439 |
Uncontrolled Keywords: | Consumer Protection, Responsibility, Packaging Defects |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Faculty / Institution: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Ani Mariawati |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 08:37 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 08:37 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/8775 |
Actions (login required)
View Item |