Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MELALUI ONLINE YANG TIDAK SESUAI PESANAN BERDASARKAN UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Jamil, M. Anhari (2022) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MELALUI ONLINE YANG TIDAK SESUAI PESANAN BERDASARKAN UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HLM JUDUL] PDF (HLM JUDUL)
Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

M. Anhari Jamil , ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MELALUI ONLINE YANG TIDAK SESUAI PESANAN BERDASARKAN UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN , Pembimbing Adi Suliantoro . S.H, M.H. Program Studi Ilmu Hukum dan Bahasa Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang ABSTRAK Permasalahan yang sering muncul dalam jual beli barang secara Online tersebut biasanya berkaitan dengan barang yang diterima konsumen setelah melakukan pembelian. Dimana barang yang diterima konsumen tidak sesuai dengan diskripsi barang yang terdapat dalam Online shop. Berdasarkan Pasal 4 huruf h Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen menyatakan bahwa konsumen berhak mendapatkan konpensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang di terima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Permasalahan yang terdapat pada penulisan ini yaitu Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi konsumen dalam jual beli barang secara Online sesuai Undang Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Upaya apa saja yang dapat dilakukan konsumen dikarenakan barang tidak sesuai pesanan serta Bagaimana upaya Pemerintah dalam mengantisipasi jual beli secara Online terkait barang tidak sesuai pesanan. Penelitian ini menggunakan pendeketan Yuridis Normatif, sedangkan spesifikasi dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Data penelitian yang digunakan adalah Data Sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan Data Primer sebagai pelengkap dari data skunder yang kemudian penulis analisi menggunakan Metode dedukatif. Hasil penelitian yang diperoleh, adalah bentuk perlindungan hukum bagi konsumen perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif. Upaya konsumen yang dapat dilakukan yakni dengan permohonan pengembalian, jalur litigasi, dan jalur non litigasi (BPSK), serta upaya pemerintah dalam Mengantisipasi Jual Beli Secara Online Terkait Barang Tidak Sesuai Pesanan yaitu dengan Pembinaan Terhadap Konsumen Ketentuannya terdapat dalam Pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 18.02.51.2025 SKR.II.05.01.0436
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Jual beli Tidak Sesuai Pesanan, Upaya Pemerintah.
Subjects: K Law > K Law (General)
Faculty / Institution: Fakultas Hukum
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:53
Last Modified: 05 Oct 2022 04:53
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item