Hermansyah, Angga Setiadi (2022) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK DENGAN METODE SAVING MATRIK UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA TRANSPORT DI PT. JAYA LANGKAH GLOBAL SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.
PDF (HALAMAN JUDUL)
Download (608kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
Download (183kB) |
|
PDF (BAB I)
Download (106kB) |
|
PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (173kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam proses transportasi dan distribusi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi besarnya pengeluaran pada suatu perusahaan, yang sering kali dibatasi oleh jarak, waktu dan keadaan geografis yang mengakibatkan kurang optimalnya biaya yang dikeluarkan. Demi megatasi permasalahaan tersebut dilakukan penelitian untuk perencanaan rute distribusi secara efisien dan optimal dengan metode saving matrik dengan melakukan pendekatan dengan metode Nearest Insert dan metode nearest neighbor yang diharapkan dapat membatu permasalahan tersebut. Dalam kasus ini sampel data biaya yang diambil pada bulan 01 sampai 30 September 2020, dengan pengeluaran senilai Rp. 6.461.500,- dengan 17 rute awal dengan jarak 1.818 Km dan memilikki kapasitas Penggunaan rute baru melalui metode saving matrix dengan menghemat jarak, biaya distribusi serta menggunakan alat transportasi yang sesuai di perusahaan dengan kapasitas muatan 1.109 dengan menggunakan metode saving matrik utuk menghitung jarak penghematan dengan metode Nearest Insert untuk jarak terdekat antar agen dan Metode Nearest Neighbor untuk meminimalkan jarak rute akhir. Dari hasil perhitungan diperoleh pengeluaran senilai Rp. 5.196.500,- dengan 10 rute dengan jarak 1.755,9 Km, memperoleh penghematan optimal 19,57% untuk jarak dan 37,68% untuk biaya serta 91,9% untuk kapasitas angkut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKR.V.04.51.332-15.04.51.0030 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Rute Distribusi, Saving Matrik, Nearest Insert, Nearest neighbour, penghematan optimal |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Faculty / Institution: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Lisa Noviani Maghfiroh |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 04:23 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 04:23 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/8889 |
Actions (login required)
View Item |