Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CSR Pada Perusahaan Barang Konsumsi

Ike Nurul, Anggraeni and Listyorini Wahyu, Wdati Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CSR Pada Perusahaan Barang Konsumsi. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol.12, No. 2, September 2021.

[thumbnail of 8. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CSR Pada Perusahaan Barang Konsumsi.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh SIZE, ROE, DER, CR, NPM terhadap CSR yang terjadi pada perseroan sektor barang konsumsi yang listing di BEI pada tahun 2015-2020. Data yang dipakai pada penelitian ini ialah laporan keuangan tahunan 2016, 2018 dan 2020 yang dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 23 sampel perseroan yang listing di BEI. Data yang digunakan ialah data sekunder yang berupa data panel. Analisis model regresi yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda. Riset menghasilkan SIZE, DER, CR, dan NPM berpengaruh positif terhadap CSR. Variabel NPM adalah variabel yang memiliki pengaruh terkuat dibandingkan variabel independent lainnya yaitu sebesar 0,160. Sedangkan ROE mempunyai tidak berpengaruh terhadap CSR. Penelitian ini menghasilkan 88,7% variabel CSR dapat diterangkan dan digambarkan oleh SIZE, ROE, DER, CR dan NPM, sedangkan 11,3% dipengaruhi oleh variabel selain yang berada pada model penelitian.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Depositing User: Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:53
Last Modified: 19 Dec 2022 05:53
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/9008

Actions (login required)

View Item View Item