Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

Penerapan Metode K-Means Clustering Dalam Menentukan Strategi Promosi Berdasarkan Data Penerimaan Mahasiswa Baru

Nanda Ayu, Rahmalinda and Arief, Jananto Penerapan Metode K-Means Clustering Dalam Menentukan Strategi Promosi Berdasarkan Data Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal TEKNO KOMPAK, Vol. xx, No. 1-12,.

[thumbnail of Hasil_Turnitin-Naskah Publikasi-Nanda Ayu Rahmalinda-18.01.55.0012-30052022.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Banyaknya perguruan tinggi yang tersebar di berbagai daerah di tanah air, seharusnya mampu untuk membentuk karakteristik manusia dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Assholeh Pemalang merupakan suatu institusi atau lembaga pendidikan yang berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan tiga program studi yaitu S1-Manajemen, $1-Akuntansi dan D3-Manajemen Perusahaan, yang beralamat di Kabupaten Pema , Jawa Tengah. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data dari hasil proses Penerimaan Mahasiswa Baru yang selanjutmya akan dilakukan proses pengolahan dan menghasilkan suatu hasil analisa menggunakan data mining. Dengan tujuan untuk menentukan strategi promosi berdasarkan daerah asal dari profil mahasiswa eu yang mendaftar. Metode yang digunakan adalah Clustering dan algoritma yang digunakan adalah K-Means. Data yang sudah diolah akan dilakukan proses analisa menggunakan teknik Knowledge Discovery in Databases (KDD) de ngdfim atahapan yaitu selection, pre- processing, transformation, data mining dan evaluation. Proses implementasi dalam penelitian ini menggunakan software WEKA versi 3.8.5, dan menghasilkan tiga klasterisasi yaitu Cluster 1 berjumlah 189 data dengan presentase 42%, Cluster 2 berjumlah 186 data dengan presentase 41% dan Cluster 3 berjumlah 78 data dengan presentase 17%. Dengan kecepatan komputasinya sebesar 0.01 detik. Proses promosi dilakukan dengan mengirimkan team marketing di persebaran wilayah pada kabupaten yang mendominasi dengan cara mendatangi langsung dan melakukan sosialisasi untuk mengenalkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Assholeh Pemalang dikalangan siswa/i, membagikan brosur dan menempelkan pamflet serta melakukan penyelarasan menggunakan strategi promotion mix.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi
Depositing User: Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:10
Last Modified: 13 Feb 2023 02:10
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/9123

Actions (login required)

View Item View Item