Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Zubaidah, Siti (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh Kualitas Audit, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Debt default, Pertumbuhan Perusahaan terhadap penerimaan Going Concern pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Sesuai teori keagenan bahwa pemisahan kepemilikan dengan pengendalian perusahaan akan menimbulkan konflik keagenan. Dalam meredakan konflik tersebut dibutuhkan pihak ketiga yang independen sebagai mediator pada hubungan antara prinsipal dan agen. Auditor adalah pihak yang dianggap mampu menjebatani kepentingan pihak prinsipal (shareholders) dengan pihak agen (manajer) dalam mengelola keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan purposive sampling dan memperoleh sample size sebesar 65 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2006-2010. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas audit dan Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini going concern sedangkan opini audit tahun sebelumnya dan Debt Default berpengaruh terhadap penerimaan opini going concern. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu Periode pengambilan sampel penelitian hanya 5 tahun sehingga belum optimal untuk melihat kecenderungan pengaruh kondisi keuangan. Variabel yang diteliti menggunakan 4 variabel independen yaitu Kualitas Audit, opini audit tahun sebelumnya, Debt Default, Pertumbuhan Perusahaan serta 1 variabel dependen yaitu opini going concern, Penelitian ini hanya memakai data perusahaan Manufaktur. Oleh karena itu pada penelitian selanjutnya disarankan mempertimbangkan variabel utama lain dan menggunakan perusahaan perbankan sehingga dapat diketahui perbedaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim: 08.05.52.0039 No Panggil : SKR.V.5.02.0043
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Going Concern, Kualitas Audit, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Debt Default, Pertumbuhan Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: UNSPECIFIED
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 08:34
Last Modified: 28 May 2012 08:34
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item