Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS, HARGA DAN PROMOSI ERHADAP KEPUASAN PENUMPANG BIS PT. PAHALA KENCANA SEMARANG

BANDIOKO, ARI (2010) ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS, HARGA DAN PROMOSI ERHADAP KEPUASAN PENUMPANG BIS PT. PAHALA KENCANA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Pada masa sekarang ini, transportasi menempati posisi penting dalam kehidupan manusia, hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya kebutuhan akan jasa angkutan. Bis adalah salah satu alat transportasi yang memiliki karakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor lain yang ada di jalan raya. Hal ini disebabkan karena bis dapat mengangkut penumpang dalam jumlah cukup banyak. Selain itu penumpang angkutan bis juga mempunyai kesempatan untuk dilayani dengan lebih baik, karena ruang bis apabila dibandingkan dengan ruang yang ada dalam kendaraan lain.. Berdasarkan uraian diatas, maka diambil judul : “Analisis Pengaruh Pelayanan, Fasilitas, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Penumpang Bis PT. Pahala Kencana Semarang”. Populasi yang dipergunakan adalah seluruh penumpang bis Pahala Kencana kelas Ekonomi jurusan Semarang-Jakarta yang jumlahnya belum diketahui, dengan jumlah sampel 100, teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling perusahaan. Jenis data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner dan studi pustaka. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah : Pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung = 2,475 > t tabel= 1,661 atau siginifikasi  = 0,015. Fasilitas mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung = 2,976 > t tabel= 1,661 atau siginifikasi  = 0,004. Harga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung = 2,881 > t tabel= 1,661 atau siginifikasi  = 0,005. Promosi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung = 3,985 > t tabel= 1,661 atau siginifikasi  = 0,000. Pelayanan, fasilitas, harga dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibutikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel, yaitu F haitung = 80,128 > F tabel = 2,47 atau signifikasi  = 0,000. Nilai koefisien diterminasi yang ditunjukan dengan nilai Adjusted R Square diperoleh nilai sebesar 76,20,% kepuasan konsumen pengguna jasa bis Pahala Kencana diperngaruhi oleh variabel pelayanan, fasilitas, harga dan promosi sedangkan selebihnya 23,80 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim :06.3502.0049 SKR.V.05.51.0007
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengaruh Pelayanan, Fasilitas, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Penumpang Bis PT. Pahala Kencana Semarang”.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 12:56
Last Modified: 10 Jul 2012 12:56
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item