Darmawan , Arif (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH DALAM PENGAJUAN KREDIT (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Swamitra Demak). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
Abstract
Dalam era globalisasi persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan harus mampu menghadapi untuk bertahan. Dalam persaingan yang semakin ketat perusahaan harus mampu memberikan pelayanan yang dapat membuat konsumen kembali memakai produk yang dihasilkan. Tingkat kepuasan nasabah sendiri dapat diukur melalui aspek, kualitas pelayanan. Berdassrkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul “Analisis Faktor – faktor yang mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam Pengajuan Kredit (Studi kasus Pada Unit Simpan Pinjam Swamitra Demak)”. Penelitian melalui variabel Tangibles (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Emphaty (X5), serta variabel terikat Kepuasan Nasabah (Y) mengambil 100 responden dengan taraf signifikan 5 %, data yang digunakan data primer, analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji F. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulakan sebagai berikut : persamaan Regresi Berganda, Y = 0,281 X1 + 0,198 X2 + 0,293 X3 + 0,224 X4 + 0,388 X5 dari kelima variabel dapat dilihat yang paling berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah adalah Emphaty (X5) = 0,388 kemudian Responsiveness (X3) = 0,293, Tangibles (X1) = 0,281, Assurance (X4) = 0,224 dan Reliability (X2) = 0,198, untuk koefisien determinasi berganda (R²) sebesar 0,869. Hal ini berarti bahwa sebesar 86,9 % dapat dijelaskan oleh variabel Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty terhadap Kepuasan Nasabah sedangkan sisanya sebesar 100 % - 86,9 % = 13,1 % disebabkan oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Pengujian dengan menggunakan Uji t diperoleh ; t hitung Tangibles (X1) 3,138 > t tabel 1,660; t hitung Reliability (X2) 4,452 > t tabel 1,660; t hitung Responsiveness (X3) 7,208 > t tabel 1,660; t hitung Assurance (X4) 2,765 > t tabel 1,660; t hitung Emphaty (X5) 9,292 > t tabel 1,660 sehingga secara parsial (individu) masingmasing variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). sedangkan pengujian menggunakan Uji F dihasilkan F hitung sebesar 131,787 > F Tabel 4.10 maka dapat disimpulkan penujian variabel secara serempak (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nim : 05.3502.0513 SKR.V.05.51.0009 |
Uncontrolled Keywords: | Tingkat kepuasan nasabah sendiri dapat diukur melalui aspek, kualitas pelayanan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Tri Wiyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 12:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2012 07:05 |
URI: | http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/218 |
Actions (login required)
View Item |