Sutikno , Awang (2010) PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi pada Nasabah Kredit Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
Abstract
Tujuan penelit ian dengan judul “Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Nasabah Kredit di Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung)” adalah untuk menganalisis tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pinjaman kredit sebanyak 2 kali. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan Analisis Faktor untuk menguji validitas item pertanyaan, rumus Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, untuk menguji besarnya pengaruh dari variabel bebas yang diuji uji t untuk menguji dan membuktikan pengaruh secara parsial masingmasing variabel bebas. Adapun hasil hipotesisnya adalah : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tangibles terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara reliability terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara responsiveness terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara assurance terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara emphaty terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Limpung. (6) Persamaan regresi Y = 0,313 X 1 + 0,280 X 2 + 0,206 X + 0,141 X 4 + 0,337 X Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah adalah empathy diikuti oleh variabel tangible, reliability, responsiveness dan assurance. (7) Nilai Adjusted R Square yang besarnya 0,632, yang berarti variasi perubahan tangible (X 5. 1 ), variabel reliability (X ), variabel responsiveness (X 3 ) variabel assurance (X 4 ), variabel empathy (X 2 ) dalam mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 63,2%. Sedangkan sisanya sebanyak 36,8% dipengaruhi oleh variabel – variabel lain diluar model penelitian ini, misalnya citra perusahaan, kepercayaan nasabah. 5 3
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nim :06.2502.0004 SKR.V.05.51.0013 |
Uncontrolled Keywords: | Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Tri Wiyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 13:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 13:01 |
URI: | http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/222 |
Actions (login required)
View Item |