TUKIJO, BAMBANG (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SUPERMAKET CARREFOUR SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
Abstract
Pada dasarnya setiap perusahaan ingin terus meningkatkan laba, adapun untuk meningkatkan harus disertai dengan peningkatkan volume penjualan. Persaingan yang semakin ketat terutama antara usaha yang sejenis menyebabkan perusahan harus menentukan strategi pemasaran dengan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan terhadap keputusan pembelian Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 80 konsumen Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan analisis faktor untuk menguji validitas item pertanyaan, rumus Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, untuk mengguji besarnya pengaruh dari variabel bebas yang diuji dengan uji t untuk menguji dan membuktikan pengaruh secara parsial masing-masing variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ( 1) . Y = 0,246 X + 0,308 X 3 + 0,207 X 4 1 . Dari hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa variabel kelengkapan barang merupakan faktor dominan dalam keputusan pembelian, hal ini disebabkan nilai koefisien regresi kelengkapan barang paling tinggi ( 0,308 ) yang diikuti oleh variabel pelayanan ( 0,249) , harga ( 0,246) dan kenyamanan dengan nilai koefisien regresi ( 0,207) . ( 2) . Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. ( 3) . Pelayanan juga menunjukkan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. ( 4 ) . Kelengkapan barang juga menunjukkan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. ( 5) . Kenyamanan juga menunjukkan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. ( 6) . Adjusted R Square yang besarnya 0,474, yang berarti variasi perubahan harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan secara bersama – sama sebesar 47,4%. Sedangkan sisanya sebanyak 52,6% ( 100% - 47,4% = 52,6% ) dipengaruhi oleh variabel – variabel lain diluar model penelitian ini, misalnya promosi. + 0,249 X 2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nim :07.3502.0031 SKR.V.05.51.0014 |
Uncontrolled Keywords: | harga, pelayanan, kelengkapan barang, kenyamanan dan keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Tri Wiyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 13:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 13:01 |
URI: | http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/224 |
Actions (login required)
View Item |