Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI MATARAM SAKTI MOTOR PURWODADI

NUGROHO, BENY AGUS (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI MATARAM SAKTI MOTOR PURWODADI. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil sepeda motor Yamaha sebagai produk yang dijadikan obyek penelitian. Studi kasus penelitian yaitu Mataram Sakti Motor di Purwodadi. Alasan pemilihan obyek dan studi kasus tersebut didasarkan karena semakin tingginya permintaan konsumen, khususnya untuk pembelian sepeda motor Yamaha, sehingga tercipta kepuasan pada konsumennya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan mengkaji lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, citra produk dan ketersediaan produk terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian sepeda motor Yamaha. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 96 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik penentuan sampel tersebut berdasarkan kriteria yang ditetapkan yaitu konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha di Mataram Sakti Motor Purwodadi dengan biayanya sendiri dan pernah menggunakan motor Yamaha. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ( individu ) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Produk terhadap Kepuasan Konsumen; secara parsial ( individu ) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Harga terhadap Kepuasan Konsumen; secara parsial ( individu ) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Citra Produk terhadap Kepuasan Konsumen; secara parsial ( individu ) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Ketersediaan Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel produk ( X ) , harga ( X 2 ) , citra produk ( X 3 ) dan ketersediaan produk ( X ) memiliki konstribusi sebesar 69,20% dalam menerangkan kepuasan konsumen ( Y) yang ditunjukkan dengan melihat angka Adjusted R Square sebesar 0,692. Sedangkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen memiliki kontribusinya sebesar 30,80%. 4 Saran-saran dalam penelitian ini antara lain perlunya upaya pihak pimpinan Mataram Sakti Purwodadi untuk memperhatikan indikator-indikator harga antara lain : keterjangkauan harga motor Yamaha yang dijual di Dealer, harga motor yang dijual relatif murah dan adanya kesesuaian harga dengan kualitas produk motor Yamaha yang dijual. Perlunya upaya Dealer Mataram Sakti Purwodadi untuk memaksimalkan kualitas produknya dengan memperhatikan halhal seperti : keawetan sepeda motor Yamaha, kualitas mesin motor Yamaha dan desain motor Yamaha. Faktor ketiga yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah ketersediaan produk. Hal ini mengindikasikan perlunya upaya Dealer Mataram Sakti Purwodadi untuk memaksimalkan ketersediaan produknya dengan memperhatikan hal-hal seperti : ketersediaan motor Yamaha yang banyak tersebar di seluruh wilayah tanah air, sehingga konsumen mudah menemuinya di pasaran. Faktor keempat yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah citra produk. Hal ini mengindikasikan perlunya upaya Dealer Mataram Sakti Purwodadi untuk memaksimalkan citra produknya dengan memperhatikan hal-hal seperti : kebanggan konsumen pada produk motor Yamaha, keyakinan konsumen atas sepeda motor Yamaha dan adanya ciri khas yang ada pada motor Yamaha. 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim :05.2502.0016 SKR.V.05.51.0015
Uncontrolled Keywords: Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 96 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik penentuan sampel tersebut berdasarkan kriteria yang ditetapkan yaitu konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha di Mataram Sakti Motor Purwodadi dengan biayanya sendiri dan pernah menggunakan motor Yamaha. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2008
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:02
Last Modified: 19 Jul 2012 07:09
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item