Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR HARGA, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH ( Studi Pada Komplek Perumahan Puri Kencana Temanggung)

Rachman , Bobby Aulia (2010) ANALISIS FAKTOR HARGA, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH ( Studi Pada Komplek Perumahan Puri Kencana Temanggung). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan primer, di dalam masyarakat beserta saranaprasarana merupakan pencerminan jati diri manusia, pembentukan kepribadian serta peningkatan strata hidup. Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas maka dalam penelitian ini mengambil judul ” ANALISIS FAKTOR HARGA, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH. (studi pada perumahan Puri Kencana Temanggung). Penelitian ini mengenai variabel harga, lokasi dan fasilitas terhadap keputusan pembelian dengan mengambil 100 responden dengan taraf signifikansi 5%, data yang digunakan data primer dan sekunder, analisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh variabel harga, lokasi dan fasilitas terhadap keputusan pembelian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut persamaan regresi berganda Y = 0,199X1 + 0,307X2 + 0,451X3. Berdasarkan persamaan tersebut terlihat pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (Y) adalah harga (X1)=0,199, lokasi (X2)=0,307 dan fasilitas (X3)=0,451. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) didapatkan sebesar 0,727. Hal ini berarti 72,7% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga X1, lokasi X2 dan fasilitas X3. Sedangkan sisanya 27,3 % (100 % - 72,7 % = 27,3 %) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh bukti empiris bahwa nilai t tabel variabel harga sebesar 5,219 dengan tingkat probabilitas signifikansi variabel Harga (H) sebesar (0,013) < 0,05, nilai t tabel variabel lokasi sebesar 4,100 dengan tingkat probabilitas signifikansi variabel Lokasi (L) sebesar (0,000) < 0,05, nilai t tabel variabel fasilitas sebesar 5,219 dengan tingkat probabilitas signifikansi variabel Fasilitas (F) sebesar (0,000) < 0,05 sehingga dari hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa harga, lokasi dan fasilitas berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian (KP)secara parsial. Hasil pengujian keempat dengan menggunakan uji ANOVA atau F test diperoleh bukti empiris bahwa antara harga, lokasi dan fasilitas terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai F hitung sebesar 88,887 dengan tingkat probabilitas signifikansi sebesar (0,000) < 0,05. Dari hasil analisis regresi faktor fasilitas mempunyai pengaruh paling tinggi sehingga hasil tersebut menerima hipotesis 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim :06 250 200 56 SKR.V.05.51.0016
Uncontrolled Keywords: Harga, Lokasi, Fasilitas, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:02
Last Modified: 10 Jul 2012 13:02
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item