Kuncoro, Dwi Fathoni (2010) PENGARUH FISIK, PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR RAYA LUWES PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
Abstract
Dalam era globalisasi persaingan yang makin ketat membuat perusahaan harus dapat menghadapinya untuk kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Untuk memenangkan persaingan perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen, misalnya dengan memberikan penampilan fisik yang menarik, memperhatikan pelayanan dan memberikan harga yang sesuai dengan produk. Kepuasan konsumen akan terpenuhi apabila mereka memperoleh apa yang mereka inginkan, Oleh karenanya, perusahaan harus dikelola secara profesional dan bertahap serta dapat lebih mengetahui dan memahami segala sesuatunya yang menjadi kekuatan dan kelemahan internal perusahaan agar mampu mempertahankan keberadaannya. Melihat latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengambil judul “PENGARUH FISIK, PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR RAYA LUWES PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN”. Penelitian mengenai variabel fisik ( X 1 ) , pelayanan ( X 2 ) dan harga ( X ) terhadap kepuasan konsumen pada Pasaraya Luwes Purwodadi Kabupaten Grobogan ( Y ) mengambil 80 responden dengan taraf signifikan 5% menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data pengaruh fisik ( X 1 ) , pelayanan ( X ) dan harga ( X ) terhadap kepuasan konsumen ( Y ) dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : pengujian hipotesis secara parsial antara pengaruh fisik terhadap kepuasan konsumen diperoleh t hitung fisik ( X 3 ) 2,556 > t tabel 1,665 dan signifikan 0,013 < 0,05 sehingga hipotesa pertama ( H 1 ) : “Diduga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh fisik terhadap kepuasan konsumen Pasaraya Luwes Purwodadi Kabupaten Grobogan” dapat diterima. Pengujian hipotesis secara parsial antara pelayanan terhadap kepuasan konsumen diperoleh t hitung pelayanan ( X 2 1 ) 7,647 > t tabel 1,665 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis kedua ( H ) : “Diduga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan konsumen Pasaraya Luwes Purwodadi Kabupaten Grobogan” dapat diterima. Pengujian hipotesis secara parsial antara harga terhadap kepuasan konsumen diperoleh t hitung harga ( X 2 ) 6,955 > t tabel 1,665 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis ketiga ( H ) : “Diduga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen Pasaraya Luwes Purwodadi Kabupaten Grobogan” dapat diterima. Pengujian simultan diperoleh angka F hitung 140,187 > F tabel 3,114 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis ke empat ( H 3 ) : “Diduga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fisik, pelayanan dan harga secara bersamasama terhadap kepuasan konsumen Pasaraya Luwes Purwodadi Kabupaten Grobogan” dapat diterima. Adapun kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh variabel fisik ( X 1 ) , pelayanan ( X 2 ) dan harga ( X 3 4 ) secara bersama-sama sebesar 84,1% 2 3 3
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nim :06.2502.0054 SKR.V.05.51.0019 |
Uncontrolled Keywords: | HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR RAYA LUWES PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Tri Wiyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 13:04 |
Last Modified: | 19 Jul 2012 07:08 |
URI: | http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/229 |
Actions (login required)
View Item |