Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH NILAI PELANGGAN, CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang )

Sari, Ella Nurilla (2014) PENGARUH NILAI PELANGGAN, CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh nilai pelanggan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Stikubank Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan memperoleh sampel size sebesar 97 sampel mahasiswa. Data mahasiswa kemudian di uji dengan menggunakan SPSS 16 dan validitas kuesioner pada skripsi ini dinyatakan valid. Berdasarkan uji reliabilitas indikator yang digunakan merupakan indikator dari variabel yang diteliti yang hasilnya reliabel atau handal. Analisis selanjutnya peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menjelaskan hubungan antara variabel tersebut, hasilnya adalah nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan signifikan yang artinya jika terjadi kenaikan pada nilai pelanggan maka keputusan pembelian akan meningkat sedangkan citra merek terhadap keputusan pembelian terjadi gap (kesenjangan) pada citra merek. Sehingga citra merek bukan merupakan faktor penentu keputusan pembelian. Sedangkan untuk uji intervening dalam penelitian ini keputusan pembelian memediasi dan berpengaruh lebih dominan pada hubungan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu periode pengambilan sampel yang relatif pendek, belum mempertimbangkan variabel kontrol dan variabel utama lainnya yang bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu pada penelitian selanjutnya disarankan mempertimbangkan variabel utama dan variabel kontrol lain serta periode penelitian perlu lebih lama sehingga dapat di generalisasai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM 11.05.51.0123 SKR.V.05.51.0803
Uncontrolled Keywords: Nilai pelanggan,citra merek, keputusan pembelian, kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: ?? SkripsiMj ??
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 24 Feb 2016 03:06
Last Modified: 24 Feb 2016 03:06
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item