Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH LOKASI, VARIASI PRODUK, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE PADA ANAMELY SEMARANG

LATHIF, ILHAMATUL (2010) PENGARUH LOKASI, VARIASI PRODUK, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE PADA ANAMELY SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lokasi Anamely yang dekat dengan jalan raya, mudah dijangkau angkutan umum menjadi salah satu alternatif dalam pembelian handphone dan merupakan salah satu faktor yang mendorong perkembangan Anamely sebagai salah satu pusat penjualan handphone yang ternama di kota Semarang. Di samping lokasinya yang strategis, kelengkapan produk yang dijual di suatu counter mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi keputusan pembelian oleh para konsumen. Faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian handphone yaitu faktor pelayanan. Berdasarkan uraian di atas, maka judul penelitian yang diambil yaitu "Pengaruh Lokasi, Variasi Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Pada Anamely Semarang". Sampel diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental samplng dimana responden yang dipilih secara kebetulan yaitu konsumen yang membeli handphone di Anamely Semarang. Hasil penelitian diperoleh : angka t-hitung sebesar 3,090 > t-tabel 1,6607; berarti secara parsial ( individu ) terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara Lokasi ( X ) terhadap Keputusan Pembelian ( Y) . Angka t-hitung sebesar 4,392 > t-tabel 1,6607; sehingga secara parsial ( individu ) terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara Variasi Produk ( X 1 ) terhadap Keputusan Pembelian ( Y) . Angka t-hitung sebesar 2,800 > t-tabel 1,9847; sehingga secara parsial ( individu ) terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara Pelayanan ( X 2 ) terhadap Keputusan Pembelian ( Y) . Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji Anova ( uji F ) didapatkan angka F hitung sebesar 101,628 > F tabel ( 3,09 ) , artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel Lokasi, Variasi Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian secara simultandengan kontribusi sebesar 0,753. Hal ini berarti bahwa sebesar 75,30% dapat dijelaskan oleh variabel bebas dalam menjelaskan keputusan pembelian handphone ( Y) . Sedangkan sisanya sebesar 24,70% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel yang diteliti. Saran-saran yang dapat diajukan di dalam penelitian ini antara lain : Lokasi penting bagi pembelian handphone oleh konsumen, dengan pertimbangan antara lain : lokasi yang dekat dengan tempat tinggal konsumen, mudah dijangkau oleh angkutan umum, kondisi lingkungan tergolong nyaman, dan lokasi counter yang menarik. Variasi produk handphone yang dijual dapat mempengaruhi keputusan pembelian handphone oleh konsumen. Oleh sebab itu perlu kiranya upaya Anamely Semarang untuk meningkatkan variasi dan ketersediaan handphone dalam jumlah yang banyak dengan berbagai merek. Sedangkan faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian handpone adalah pelayanan yang diberikan juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dengan lebih mengoptimalkan dalam hal keramahan, kecekatan, ketrampilan serta penamilan pramuniaga. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor Lokasi, Variasi Produk, dan Pelayanan. Hasil ini mengindikasikan perlunya upaya dari pihak manajemen ANAMELY Semarang untuk semakin mengoptimalkan faktorfaktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. 3

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim : 02.2502.0177 SKR.V.05.51.0029
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, produk, harga, promosi dan saluran distribusi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:08
Last Modified: 10 Jul 2012 13:08
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item