LASNO, LASNO (2010) PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ROKOK DJARUM SUPER ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE STIKUBANK Semarang ). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Seiring dengan kemajuan industri yang ditandai oleh munculnya teknologi baru dan perkembangan yang demikian pesat, maka konsep persaingan di bidang bisnis pun turut berubah. Sebelumnya barang-barang yang diproduksi oleh suatu perusahaan tetap bisa dijual karena jumlah permintaan lebih besar daripada jumlah penawaran, sehingga produsen dapat memaksakan kehendaknya kepada konsumen. Dengan melihat kenyataan tersebut, maka saat ini tiap-tiap perusahaan berlomba-lomba dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produknya, dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen agar perusahaan dapat tetap eksis di pasar dan memenangkan persaingan sehingga laba yang optimal pun dapat tercapai. Dalam era globalisasi ini banyak bermunculan produk, misalnya produk rokok yang saling bersaing, diantara produk-produk rokok tersebut mereka menonjolkan pada atribut produknya, misal dalam hal merek, taste, dan kemasan. Merek sangat berpengaruh atau berperan penting bagi suatu produk, karena dengan adanya merek identitas suatu produk dapat dikenal oleh konsumen. Dan taste merupakan faktor yang paling utama dalam suatu produk rokok, karena dengan taste yang bagus dan pas dalam campuran tembakau, cengkeh, dan saos akan mampu meningkatkan keloyalan bahkan kepuasan dari seorang konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk rokok. Sedangkan kemasan produk merupakan penampilan luar dari suatu produk pembungkus rokok. Dengan adanya kemasan yang menarik dapat mempengaruhi tingkat pembelian dan loyalitas dari seorang konsumen. Berdasarkan uraian diatas maka penulis dalam penelitian ini mengambil judul "Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Konsumen pada Rokok Djarum Super”. Dalam penelitian ini pengambilan sampelnya secara convinence sampling yaitu dalam mengambil sampel dasar yang digunakan adalah pertimbangan yang sudah dikenal, kemudahan dalam menjangkau dan mudah ditemui. Jadi sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 orang/responden. Hasil perhitungan pada uji validitas ( keabsahan/kesahihan data ) variabel bebas ( merek, taste dan kemasan ) dan variabel terikat ( loyalitas konsumen ) diperoleh nilai r hitung lebih besar dari r , sehingga data penelitian sah atau valid untuk diujikan ke pengujian hipotesis ( regresi linear berganda ) . Dan pada hasil pengujian menggunakan uji reliabilitas, didapatkan angka Alpha Cronbach > 0,6, sehingga dapat digolongkan data penelitian reliabel. tabel Persamaan regresi linear berganda didapatkan sebagai berikut : Y = 0,295 X 1 + 0,384X 2 + 0,261 X3 Berdasarkan hasil perhitungan statistik pada pengujian hipotesis secara parsial atau dengan uji t, bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima, karena nilai t hitung > t , dengan signifikansi < 0,05. Sedangkan pengujian dengan Uji F atau secara simultan ( bersama-sama/serentak ) antara variabel bebas terhadap variabel terikat, hipotesis juga diterima karena F tabel dengan signifikansi < 0,05. hitung Hasil uji regresi didapatkan angka koefisien determinasi menggunakan Adjusted R Square yang besarnya 0,413, yang berarti variasi perubahan variabel merek, taste dan kemasan secara bersama–sama mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 41,3%. Sedangkan sisanya sebanyak 58,7% ( 100% - 41,3% = 58,7%) dipengaruhi oleh variabel – variabel lain diluar model penelitian ini. > F tabel
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nim : 02.2502.0029 SKR.V.05.51.0038 |
Uncontrolled Keywords: | Dalam era globalisasi ini banyak bermunculan produk, misalnya produk rokok yang saling bersaing, diantara produk-produk rokok tersebut mereka menonjolkan pada atribut produknya, misal dalam hal merek, taste, dan kemasan. Merek sangat berpengaruh atau berperan penting bagi suatu produk, karena dengan adanya merek identitas suatu produk dapat dikenal oleh konsumen. Dan taste merupakan faktor yang paling utama dalam suatu produk rokok, karena dengan taste yang bagus dan pas dalam campuran tembakau, cengkeh, dan saos akan mampu meningkatkan keloyalan bahkan kepuasan dari seorang konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk rokok. Sedangkan kemasan produk merupakan penampilan luar dari suatu produk pembungkus rokok. Dengan adanya kemasan yang menarik dapat mempengaruhi tingkat pembelian dan loyalitas dari seorang konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Tri Wiyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 13:18 |
Last Modified: | 19 Jul 2012 07:09 |
URI: | http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/248 |
Actions (login required)
View Item |