Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH LOKASI, KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BANGUNAN UD. KARYA LANGGENG BATANG

Sul toni , Sul toni (2010) PENGARUH LOKASI, KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BANGUNAN UD. KARYA LANGGENG BATANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)

Abstract

Persaingan usaha yang semakin ketat dewasa ini menuntut pihak pengusaha untuk dapat memenangkan persaingan yang ada. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menganalisis perilaku konsumen dengan tepat. Analisis perilaku konsumen akan lebih mendalam dan berhasil jika perusahaan mampu memahami kebutuhan konsumen yang berasal dari faktor internal maupun eksternal konsumen. Faktor lokasi, keragaman produk dan pelayanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lokasi, keragaman produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian. Peneliti mengambil sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode accidental sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Hasilnya menunjukkan kevalidan dan reliabel, sehingga layak untuk dilakukan uji berikutnya, yaitu uji regresi berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Dari uji regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,286X + 0,188X 2 + 0,472X yang artinya bahwa variabel lokasi, keragaman produk dan pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan kontribusi paling besar yaitu variabel pelayanan, diikuti variabel lokasi dan yang terakhir variabel keragaman produk. Dari uji determinasi diperoleh angka Adjusted R square sebesar 0,802, yang menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas menjelaskan variabel terikat sebesar 80,2% dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dan uji F. Dari uji t dapat dibuktikan bahwa variabel lokasi, keragaman produk dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung antara lokasi, keragaman produk dan pelayanan lebih besar dari nilai t tabel. Untuk uji F, diperoleh nilai F hitung > F tabel, hal ini menunjukkan bahwa variabel lokasi, keragaman produk dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini terlihat bahwa masih ada variabel-variabel lain yang ada diluar penelitian ini yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya agar memasukkan variabel-variabel lain selain lokasi, keragaman produk dan pelayanan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, misalnya harga dan promosi. 3, 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim : 06.2502.0047 SKR.V.05.51.0053
Uncontrolled Keywords: Location, Miscellaneous of Product, Service And Purchasing Decision.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:24
Last Modified: 10 Jul 2012 13:24
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item