Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMITMEN UNTUK MENCAPAI HUBUNGAN PEMASARAN JANGKA PANJANG ( Studi Pada Dealer Yamaha Harpindo Jaya Semarang)

CHRISTYANI, WIDYA (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMITMEN UNTUK MENCAPAI HUBUNGAN PEMASARAN JANGKA PANJANG ( Studi Pada Dealer Yamaha Harpindo Jaya Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)

Abstract

Dalam hubungan kerjasama tersebut komitmen menduduki peran yang sangat penting, lebih khusus lagi dalam suksesnya hubungan pemasaran. Penelitian ini mengambil obyek penelitian pada pengembangan hubungan ( pemasaran) berdasarkan komitmen itu sendiri penelitian terhadap Harpindo Jaya ( Dealer Yamaha ) di kota semarang yang bertempat di daerah Kaligawe menunjukan bahwa saling ketergantungan dan kepercayaan merupakan faktor utama dalam proses pengembangan komitmen hubungan pemasaran jangka panjang. Beberapa faktor yang mempengaruhi komitmen hubungan pemasaran antara lain : efektivitas komunikasi, kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan, dan reputasi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh efektivitas komunikasi, kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan, dan reputasi terhadap komitmen untuk mencapai hubungan pemasaran jangka panjang. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik convenience sampling yaitu teknik pengambilan sampel tersebut berdasarkan kemudahan dalam memperoleh responden yaitu konsumen yang telah memakai Motor di Harpindo Jaya ( Dealer Yamaha ) dengan karakteristik menggunakan produk Yamaha minimal selama satu tahun yang dibeli di Dealer tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ( individu) dan secara simultan terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara efektivitas komunikasi, kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan, dan reputasi terhadap komitmen untuk mencapai hubungan pemasaran jangka panjang. Saran-saran yang dapat diajukan di dalam penelitian ini antara lain pihak manajemen Yamaha Harpindo Jaya Semarang harus mempertahankan indikasi-indikasi reputasi yang lebih baik antara lain dengan cara memberikan nama baik perusahaan di mata konsumen, citra perusahaan dan pengalaman dalam berbisnis diperbaiki kembali. Variabel terakhir yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen hubungan adalah faktor kepercayaan. Hal ini memberikan informasi bagi pihak manajemen Yamaha Harpindo Jaya Semarang untuk lebih mengoptimalkan lagi indikasi-indikasi kepercayaan yang lebih baik antara lain dengan cara memberikan keunggulan pada perusahaan, dapat dipercaya dan keyakinan. Faktor lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga komitmen hubungan antara perusahaan dengan konsumen adalah efektivitas komunikasi dengan memperhatikan indikasi-indikasi efektivitas komunikasi yang baik antara lain dengan memberikan keterbukaan komunikasi yang lebih baik, memberikan informasi yang lengkap kepada konsumen dan memberikan informasi tambahan untuk kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap komitmen hubungan. Hal ini memberikan informasi bagi pihak manajemen Yamaha Harpindo Jaya Semarang untuk memperhatikan indikasi-indikasi kualitas pelayanan yang lebih baik antara lain dengan cara memperhatikan kehandalan karyawan agar lebih baik, daya tanggap karyawan ditingkatkan, jaminan pelayanan yang memuaskan diutamakan, perhatian kepada konsumen lebih ditingkatkan lagi dan bukti fisik yang diberikan karyawan untuk melayani konsumen diperbaiki kembali. Kepuasan berpengaruh positif terhadap komitmen hubungan. Hal ini memberikan informasi bagi pihak manajemen Yamaha Harpindo Jaya Semarang untuk memperhatikan indikasi-indikasi kualitas pelayanan yang lebih baik antara lain dengan cara rasa senang terhadap hubungan kerja ( bisnis ) , keinginan untuk membeli kembali ketika membutuhkan produk dan kepuasan setelah membeli produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM :05.2502.0037 skr.v.05.51.0057
Uncontrolled Keywords: Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik convenience sampling yaitu teknik pengambilan sampel tersebut berdasarkan kemudahan dalam memperoleh responden yaitu konsumen yang telah memakai Motor di Harpindo Jaya ( Dealer Yamaha ) dengan karakteristik menggunakan produk Yamaha minimal selama satu tahun yang dibeli di Dealer tersebut.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:25
Last Modified: 10 Jul 2012 13:25
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item