DHARMA, MULA WISNU (2010) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN AIR MINERAL ISI ULANG MEREK TIRTA GUNA DI TEMBALANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Dengan adanya perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknologi di segala bidang, menuntut adanya pemilihan dan penyeleksian terhadap barang-barang yang akan dikonsumsi dengan baik. Inovasi-inovasi baru yang muncul menyebabkan adanya persaingna yang cukup ketat yang menuntut adanya peningkatan kualitas dan kuantitas setiap produk yang dikonsumsi oleh masyarakat. Perkembangan di bidang kesehatan juga berkembang dengan begitu cepatnya. Dengna adanya penemuan alat penyeteril air minum berdampak makin banyak berdiri depo-depo air mineral isi ulang. Hampir setiap daerah berdiri lebih dari satu depo air mineral isi ulang yang diproduksi oleh beberapa perusahaan. Hal ini tentu akan menimbulkan persaingan yang ketat, tiap-tiap perusahaan berusaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menganalisis pengaruh harga, rasa dan kemasan terhadap keputusan pembelian Air Mineral Isi Ulang merek Tirta Guna Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Tembalang Semarang yang mengkonsumsi Air Mineral Isi Ulang merek Tirta Guna Semarang. Dengan populasi yang tidak terbatas maka jumlah sampel ditetapkan sebesar 60 responden teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian validitas, reliabilitas, analisa regresi berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi beganda diketahui ada pengaruh antara variabel harga, variabel rasa, variabel kemasan terhadap variabel keputusan pembelian. Uji hipotesa parsial ( uji t ) : a ) Untuk variabel harga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara variabel harga ( X ) terhadap keputusan pembelian ( Y ) . Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,146 > 2,000 jadi kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. b) Untuk variabel rasa dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel rasa ( X ) terhadap keputusan pembelian ( Y ) . Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,880 > 2,000 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. c ) Untuk variabel kemasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kemasan ( X 2 ) terhadap keputusan pembelian ( Y ) . Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,481 > 2,000 artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan pengujian berganda menunjukkan bahwa F hitung > F tabel, yaitu sebesar 45,662 > 2,76, jadi Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian ( Y ) . berdasarkan nilai koefisien determinasi adalah R square yaitu sebesar 0,71 atau sebesar 71 % maka terdapat pengaruh antara variabel harga ( X 1 ) , Rasa ( X 2 ) kemasan ( X ) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian ( Y ) sebesar 71 % sedangkan sisanya 29 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. 3 3 1
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nim : 01.2502.0059 SKR.V.05.51.0059 |
Uncontrolled Keywords: | Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Tembalang Semarang yang mengkonsumsi Air Mineral Isi Ulang merek Tirta Guna Semarang. Dengan populasi yang tidak terbatas maka jumlah sampel ditetapkan sebesar 60 responden teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian validitas, reliabilitas, analisa regresi berganda dan pengujian hipotesis. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Tri Wiyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 13:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 13:25 |
URI: | http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/277 |
Actions (login required)
View Item |