Pangestu, Yudi Sri (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Bentuman Steak Semarang ). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
Abstract
Proses pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk berupa barang konsumen akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan untuk memahami perilaku konsumen, sehingga perlu memahami beberapa faktor-faktor yaitu: fasilitas, pelayanan, produk dan lokasi. Faktor-faktor ini dalam interaksinya dapat mempengaruhi keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh produk, lokasi, fasilitas dan pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bentuman Steak Semarang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 konsumen Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan analisis faktor untuk menguji validitas item pertanyaan, rumus Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, untuk mengguji besarnya pengaruh dari variabel bebas yang diuji dengan uji t untuk menguji dan membuktikan pengaruh secara parsial masing-masing variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ( 1) . persamaan regresinya sebagai berikut : Y = 0,425 X 1 + 0,213 X 2 + 0,327 X 3 + 0,228 X . Variabel produk lebih kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian di Kafe Bentuman Steak Semarang, hal ini disebabkan nilai koefisien regresi variabel produk paling tinggi ( 0,425) dan diikuti oleh variabel fasilitas ( 0,327) , variabel pelayanan ( 0,228) dan variabel lokasi ( 0,213) . ( 2) . Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kafe Bentuman Steak Semarang. ( 3) . Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kafe Bentuman Steak Semarang. ( 4) . Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kafe Bentuman Steak Semarang. ( 5) . Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kafe Bentuman Steak Semarang. ( 6) . Nilai Adjusted R Square yang besarnya 0,617 , yang berarti variasi perubahan produk, lokasi, fasilitas dan pelayanan secara bersama – sama sebesar 61,7%. Sedangkan sisanya sebanyak 38,3% ( 100% - 61,7% = 38,3% ) dipengaruhi oleh variabel– variabel lain diluar model penelitian ini, misalnya promosi, kepercayaan dan lainlain. 4
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Nim :06.3502.0051 SKR.V.05.51.0060 |
Uncontrolled Keywords: | produk, lokasi, fasilitas, pelayanan dan keputusan pembelian konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Faculty / Institution: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Tri Wiyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 13:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 13:25 |
URI: | http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/278 |
Actions (login required)
View Item |