Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Stikubank)

Adji, Satriya Bagus Sapto (2011) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Stikubank). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Kualitas pelayanan memiliki posisi yang strategis dan tidak dapat diabaikan dalam sebuah perusahaan, tidak terkecuali dengan Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank. Kepuasan konsumen akan tercapai apabila kualitas produk atau jasa yang diberikan sesuai atau lebih baik dari yang diharapkan. Dengan demikian konsumen akan merasa puas dan nyaman dalam menikmati jasa yang ditawarkan pihak Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penampilan , kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepedulian terhadap kepuasan mahasiswa Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kausal yang menemukan hubungan sebab akibat dari suatu fenomena. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Untuk menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga dapat diketahui jumlah sampel sebesar 100 responden. Berdasarkan perhitungan dengan alat analisis diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.734 X. Artinya semua variabel mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank. Pengujian hipotesis menyatakan bahwa semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung >t tabel. Dan nilai koefisien determinasiyang disesuaikan (R square) adalah 0,539. Hal ini berarti bahwa 53,9% tingkat kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas layanan sedangkan sisanya (100 – 53,9 = 46,1%), dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 07.05.51.0101 SKR V.05.51.0124
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Cholifah Noor
Date Deposited: 02 Aug 2012 06:39
Last Modified: 02 Aug 2012 06:39
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item