Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KEBIASAAN, KEPUASAN, TINGKAT KESUKAAN MEREK, DAN KOMITMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK (Studi Pada Rokok Sampoerna A Mild di Kelurahan Gajah Mungkur, Semarang)

Sumintarso, Tiar Adhi (2011) PENGARUH KEBIASAAN, KEPUASAN, TINGKAT KESUKAAN MEREK, DAN KOMITMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK (Studi Pada Rokok Sampoerna A Mild di Kelurahan Gajah Mungkur, Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)

Abstract

Persaingan yang ketat dalam pasar industri rokok tidak hanya persaingan di dalam memberikan kepuasan pada konsumen. Akan tetapi, persaingan dalam pasar industri rokok itu juga dapat dilihat dari kesetiaan konsumen dalam mengkonsumsi suatu merek. Dalam hal ini, PT. HM Sampoerna Tbk berlombalomba untuk meramu suatu merek rokok yaitu merek rokok Sampoerna A Mild agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari para konsumennya. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mencoba mengangkat penelitian dengan judul “PENGARUH KEBIASAAN, KEPUASAN, TINGKAT KESUKAAN MEREK, DAN KOMITMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK (Studi Pada Rokok Sampoerna A Mild di Kelurahan Gajah Mungkur, Semarang)”. Penelitian mengenai variabel kebiasaan (X1), kepuasan (X2), tingkat kesukaan merek (X3) dan komitmen (X4) terhadap kesetiaan merek (Y) mengambil sampel 80 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan taraf signifikan 5%. Data yang digunakan adalah data primer, dan analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh variabel yang diajukan sebagai alat ukur yaitu kebiasaan (X1), kepuasan (X2), tingkat kesukaan merek (X3) dan komitmen (X4) terhadap kesetiaan merek (Y) rokok Sampoerna A Mild, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: terciptanya kesetiaan merek rokok Sampoerna A Mild banyak dipengaruhi oleh kebiasaan, hal ini dapat dilihat dari koefisien regresinya. Pengujian secara parsial diperoleh: terdapat pengaruh positif antara kebiasaan (X1) terhadap kesetiaan merek (Y), terdapat pengaruh positif antara kepuasan (X2) terhadap kesetiaan merek (Y), terdapat pengaruh positif antara tingkat kesukaan merek (X3) terhadap kesetiaan merek (Y), dan terdapat pengaruh positif antara komitmen (X4) terhadap kesetiaan merek (Y). Sebesar 82,3% kesetiaan merek rokok Sampoerna A Mild dapat dipengaruhi oleh kebiasaan (X1), kepuasan (X2), tingkat kesukaan merek (X3) dan komitmen (X4). Berdasarkan hal tersebut, maka kebiasaan (X1), kepuasan (X2), tingkat kesukaan merek (X3) dan komitmen (X4) sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan oleh PT. HM Sampoerna Tbk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 07.2502.0048 SKR V.05.51.0127
Uncontrolled Keywords: kebiasaan, kepuasan, tingkat kesukaan merek, komitmen, dan kesetiaan merek
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Cholifah Noor
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:02
Last Modified: 07 Aug 2012 03:02
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item