Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH NILAI UTILITARIAN, NILAI HEDONIK DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA PADA E-COMMERCE (STUDI PADA SITUS BLIBLI)

ULINNUHA, MUHAMMAD IRHAM (2021) PENGARUH NILAI UTILITARIAN, NILAI HEDONIK DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA PADA E-COMMERCE (STUDI PADA SITUS BLIBLI). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] PDF (HALAMAN JUDUL)
Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (3MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini perdagangan melalui internet (e-commerce) sangat ketat, karena banyak provider yang menawarkan produknya dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Namun demikian, Blibli memiliki jumlah pengunjung yang yang relatif kecil. Hal ini diasumsikan bahwa keputusan pembelian konsumen terhadap situs Blibli relatif rendah. Adanya provider yang menyediakan berbagai kelebihan berdampak pada konsumen yang melakukan pembelian tidak terencana. Banyak faktor dapat mempengaruhi pembelian tidak terencana, tetapi dalam penelitian ini dianalisis melalui seperti nilai utilitarian, nilai hedonik dan gaya hidup berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh nilai utilitarian, nilai hedonik dan gaya hidup berbelanja terhadap pembelian tidak terencana. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian produk melalui situs Blibli yang jumlahnya tidak diketahui. Sampel yang diambil 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non random/acak jenis purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Nilai Utilitarian berpengaruh positif terhadap terhadap Pembelian Tidak Terencana. (2). Nilai Hedonik berpengaruh positif terhadap terhadap Pembelian Tidak Terencana. (3). Gaya Hidup Berbelanja berpengaruh positif terhadap terhadap Pembelian Tidak Terencana. ABSTRACT Currently, trading via the internet (e-commerce) is very strict, because many providers offer their products with various advantages and disadvantages. However, Blibli had a relatively small number of visitors. It is assumed that consumer purchasing decisions for the Blibli site are relatively low. The existence of providers that provide various advantages has an impact on consumers who make unplanned purchases. Many factors can influence unplanned purchases, but in this study analyzed through such as utilitarian value, hedonic value and shopping lifestyle. The purpose of this study was to analyze the effect o f utilitarian value, hedonic value and shopping lifestyle on unplanned purchases. The population of this study is an unknown number of consumers who purchase products through the Blibli site. Samples were taken 100 respondents. The sampling technique in this study was carried out by using a non-random / random purposive sampling type. The types of data used are primary and secondary. The data collection technique used was a questionnaire. The analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed that: (1). Utilitarian Value has a positive effect on Unplanned Purchases. (2). Hedonic value has a positive effect on Unplanned Purchases. (3). Shopping Lifestyle has a positive effect on Unplanned Purchases

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR.V.05.51.1803 NIM 16.05.51.0176
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nilai Utilitarian, Nilai Hedonik, Gaya Hidup Berbelanja, Pembelian Tidak Terencana
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lisa Noviani Maghfiroh
Date Deposited: 07 May 2021 04:41
Last Modified: 07 May 2021 04:41
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/7638

Actions (login required)

View Item View Item