Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

“FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA”.(STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KELURAHAN BENDAN NGISOR)

Subagio , Subagio (2011) “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA”.(STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KELURAHAN BENDAN NGISOR). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Dalam melakukan pembelian, perilaku konmsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis. Terkait dengan hal tersebut penelitian ini berusaha untuk mengetahahui faktorfaktor yang menentukan keputusan konsumen dalam melakukan penelitian terutama terkait dengan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan psikologis, dimana salah satu faktor tersebut menjadi faktor paling dominan dalam keputusan pembelian Populasi dalam penelitian ini adalah responden atau konsumen yang berada di kelurahan Bendan Ngisor Semarang. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu yaitu rumah tangga di Kel. Bendan Ngisor yang jumlahnya mencapai 15.367. untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan rumus Slovin jadi jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah minimal 100 responden. Di mana dalam penelitian ini digunakan tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling yaitu individu yang dijumpai di tempat penelitian. Hubungan antara faktor kebudayaan (X ) terhadap keputusan pembelian hasilnya menunjukkan bahwa signifikansinya > 0.05 yaitu sebesar 0.088 > 0.05 jadi kesimpulannya Ho diterima, berarti ada pengaruh positif tidak signifikan antara faktor kebudayaan (X 1 1 ) terhadap keputusan pembelian (Y),Hubungan antara faktor sosial (X ) terhadap keputusan pembelian (Y). Hasilnya menunjukan bahwa signifikansinya > 0.05 yaitu sebesar 0.087 > 0.05 jadi kesimpulannya Ho diterima, berarti ada pengaruh positif dan tidak signifikan antara faktor sosial (X 2 2 ) terhadap keputusan pembelian (Y). Hubungan antara variabel faktor pribadi dengan variabel keputusan pembelian hasilnya menunjukkan bahwa signifikansinya < 0.05 yaitu sebesar 0.046 < 0.05 jadi kesimpulannya Ha diterima, berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara faktor pribadi (X ) terhadap keputusan pembelian (Y). Hubungan antara variabel faktor psikologis dengan variabel keputusan pembelian hasilnya menunjukkan bahwa signifikansinya > 0.05 yaitu sebesar 0.415 > 0.05 jadi kesimpulannya Ho diterima, berarti ada pengaruh positif dan tidak signifikan antara faktor psikologis (X 4 3 ) terhadap keputusan pembelian (Y) Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi adalah Adjusted R Square yaitu sebesar 0,058 atau sebesar 5,8%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel faktor kebudayaan (X 1 ), variabel faktor sosial (X 2 ), faktor pribadi (X ) dan faktor psikologis (X ) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 5,8% sedangkan sisanya sebesar 94,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini 4 3

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 07.05.51.0011 SKR.V.05.51.0150
Uncontrolled Keywords: penelitian ini berusaha untuk mengetahahui faktorfaktor yang menentukan keputusan konsumen dalam melakukan penelitian terutama terkait dengan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan psikologis, dimana salah satu faktor tersebut menjadi faktor paling dominan dalam keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Cholifah Noor
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:48
Last Modified: 10 Aug 2012 05:48
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item