Farah, Sukmawati Wahidah and Januarius, Mujiyanto and Katharina, Rustipa Pemanfaatan Teknologi Infprmasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Menyimak Mahasiswa di Luar Kelas pada Mata Kuliah Extensive Listening. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.
PDF
Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar dewasa ini tidak bisa dilepaskan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Dosen dan mahasiswa geunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mencari informasi, termasuk berkomunikasi dan mencari informasi yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, maupun untuk mengunggah gas. Kegiatan menyimak mahasiswa yang Blakukan dalam mata kuliah extensive listening ini adalah kegiatan menyimak mahasiswa yang dilakukan diluar kelas sehingga penting untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh mahasiswa dalam melakukan kegiatan menyimak di luar kelas. Artik GER menjelaskan kegiatan menyimak yang dilakukan oleh mahasiswa semester dua di luar kelas pada mata kuliah extensive listening yang erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, mengenai macam sumber informasi dan teknologi yang digunakan dan bagaimana kegiatan mahasiswa didalamnya. Data diperoleh melalui pengamatan kelas selama satu semester dan analisa 1si dari hasil kegiatan menyimak mahasiswa yang ada di dalam bebfElpa aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa dalam melaporkan kegiatan menyimak mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik. Mahasiswa mencari sumber teks dari youtube, podcast, dan ted talks. Beberapa aplikasi digunakan dalam kaitannya dengan aktivitas menyimak mahasiswa, seperti padiet dan anchor. Kata kunci: extensive listening, teknologi informasi, teknologi komunikasi Abstract. Nowadays, teaching and learning activities are close to information and communication technologies. Lectures and students use information and communication technologies to communicate and access information, including communicating and accessing information concerning teaching and learning activities and uploading learning tasks. The students” extensive listening activities are done outside the classroom, so it is essential to explore their extensive listening activities by utilizing information and communication technologies. This study focuses on their activities, including sources and applications used by students for doing extensive listening outside the classroom. 1 observed teaching and learning activities during onefBhnester. I analyzed the content of students” extensive listening activities recorded in some applications used by students in reporting their extensive listening activities. The results showed that students could maximize the use of information and communication technologies in doing extensive listening. They accessed sources from youtube, podcasts, and ted talks. The applications used to do extensive listening are padiet and anchor.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Faculty / Institution: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya |
Depositing User: | Fakultas Ekonomi |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 01:48 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 01:48 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/9166 |
Actions (login required)
View Item |