Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PARKEE PADA PEMBAYARAN PARKIR CASHLESS

SHOLEH, HERRY MUHAMMAD (2023) ANALISIS FAKTOR PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PARKEE PADA PEMBAYARAN PARKIR CASHLESS. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] PDF (HALAMAN JUDUL)
Download (752kB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (19kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (22kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (117kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi internet telah menjadi symbol cara berkomunikasi secara bebas, tanpa dibatasi oleh ruang, jarak dan waktu. Perekenomian internet di Indonesia cenderung masih sehat dengan didorong oleh E-commerce dan Media Online. Pandemi Covid19 yang melanda Indonesi bahkan dunia sejak pertengahan tahun 2020 yang mengharuskan kegiatan luar rumah seperti sekolah dan bekerja harus dilakukan secara virtual menggunakan teknologi internet. Ditengah pembatasan Covid19 hal ini mengubah kebiasaan masyarakat dalam menggunakan alat pembayaran dari tunai menjadi non tunai atau cashless. Penggunaan pembayaran digital juga berlaku pada pembayaran parkir karena dimasa pandemic masyarakat cenderung menghindari kontak langsung dengan petugas parkir. Cara yang dapat masyarakat lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pembayaran parkir non tunai, salah satunya aplikasi PARKEE. Fenomena pembayaran parkir menggunakan PARKEE mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang perilaku dan faktor apa sajakah yang menjadi pertimbangan pengguna memilih aplikasi PARKEE pada pembayaran parkir. Metode yang digunakan adalah CFA (Confirmatory Factor Analysis) dengan model penelitian UTAUT-3. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan memperoleh 81 responden. Pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa pertimbangan utama konsumen memilih menggunakan aplikasi PARKEE adalah karena manfaat Hedonic Motivation, khususnya adalah kesenangan seseorang dengan teknologi baru seperti PARKEE. Sedangkan perilaku konsumen memilih menggunakan PARKEE adalah banyak dipengaruhi oleh perkembangan pembayaran parkir dari tunai ke non tunai . Advances in internet technology have become a symbol of how to communicate freely, without being limited by space, distance and time. The internet economy in Indonesia tends to be healthy, driven by E-commerce and Online Media. The Covid19 pandemic that has hit Indonesia and even the world since mid-2020 has required activities outside the home such as school and work to be carried out virtually using internet technology. In the midst of Covid19 restrictions, this has changed people's habits in using payment instruments from cash to Cashless. The use of digital payments also applies to parking payments because during a pandemic, people tend to avoid direct contact with parking attendants. The way people can do this is by using a cashless parking payment application, one of which is the PARKEE application. The phenomenon of parking payments using PARKEE encourages researchers to conduct research on behavior and what factors are considered by users to choose the PARKEE application for parking payments. The method used is CFA (Confirmatory Factor Analysis) with the UTAUT-3 research model. Data collection used a questionnaire and obtained 81 respondents. Data processing using SPSS. The results of data processing show that the main consideration for consumers choosing to use the PARKEE application is because of the benefits of Hedonic Motivation, especially someone's enjoyment of new technology such as PARKEE. Meanwhile, the behavior of consumers choosing to use PARKEE is heavily influenced by the development of parking payments form cash to cashless.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR.I.05.02.2107 NIM 17.01.55.2006
Uncontrolled Keywords: CFA, UTAUT-3, SPSS, Analisis Faktor
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Teteh Hayati
Date Deposited: 17 May 2023 02:30
Last Modified: 17 May 2023 02:30
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/9406

Actions (login required)

View Item View Item