Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Study kasus pada Utopia Resto )

Amalia, Dina (2011) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Study kasus pada Utopia Resto ). Undergraduate thesis, universitas stikubank semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen” dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen di Utopia Resto Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Utopia Resto yang menikmati hidangan dan pelayanan yang diberikan oleh restoran tersebut. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik “accidental sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 orang. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan Analisis Faktor untuk menguji validitas item pernyataan, rumus alpha cronbach untuk menguji reliabilitas instrumen, analisis regresi untuk menguji besarnya pengaruh secara parsial masing-masing variabel bebas yang diuji dengan koefisien determinasi dan uji fit model untuk menguji dan membuktikan pengaruh secara parsial masing-masing variabel bebas. Adapun hasil penelitiannya adalah : ( 1 ) Hasil perhitungan statistik dengan analisis regresi linier dapat ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 0,684X 1 + 0,297X + e. Dari persamaan regresi diketahui bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.. ( 2 ) Hasil perhitungan koefisien determinasi besarnya 0,837. Hal ini menunjukkkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variable kepuasan konsumen sebesar 83,7%. Sedangkan sisanya 16,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti harga, lokasi dan lainnya. ( 3 ) Hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah : A) Ada pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Utopia Resto Semarang. B ) Ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Utopia Resto Semarang. C ) Ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Utopia Resto Semarang dan kualitas produk memiliki pengaruh yang paling besar diantara variabel independen lainnya. 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim : 07.2502.0041 SKR V: 05.51.0078
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 17 Jul 2012 09:36
Last Modified: 17 Jul 2012 09:36
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item