Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

SISTEM AUTO SMART FAQ BERBASIS BOT DENGAN METODE RESTFUL API DI UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

Salam, Toriq Ahmad (2021) SISTEM AUTO SMART FAQ BERBASIS BOT DENGAN METODE RESTFUL API DI UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[thumbnail of HLM JUDUL] PDF (HLM JUDUL)
Download (876kB)
[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (207kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (413kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (414kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan promosi umumnya terdapat proses penggalian informasi yang salah satunya dilakukan dengan cara tanya jawab kepada staf bidang promosi melalui whatsapp atau telegram. Universitas Stikubank Semarang atau disingkat UNISBANK mempunyai kegiatan promosi seperti penerimaan mahasiswa baru. Dalam kegiatan promosi tersebut biasanya terdapat pertanyaan dari calon mahasiswa yang umumnya adalah pertanyaan yang selalu sama oleh calon mahasiswa lain, sehingga staf terkait harus berulang-ulang dalam memberikan informasi tersebut. Tidak hanya itu, keterlambatan respon dari staf terkait tentunya akan berpengaruh terhadap reputasi instansi. Karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat melayani secara realtime, cepat dan akurat. Tujuan dari peneilitian ini adalah memberikan solusi atas masalah diatas. Dengan suatu sistem otomatis yang realtime, cepat dan akurat diharapkan mampu menjaga reputasi instansi. Pada penelitian ini akan dibangun sistem auto smart FAQ berbasis bot. Sistem ini akan terbagi menjadi 3 bagian layanan yaitu, website untuk mengelola sistem, server chatbot yang difungsikan sebagai helpdesk dan server auto responden difungsikan sebagai inti server untuk mengolah dan memberikan respon pertanyaan. Kemudian untuk mengintegrasikan ketiga layanan tersebut, diimplementasikan metode RESTFul API yang dapat digunakan untuk komunikasi antar server atau layanan. Respon yang diberikan oleh server auto responden yang mengimplementasikan RESTFul API adalah JSON yang dapat dibaca pada berbagai platform.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 17.01.53.0028 SKR.I.05.01.1957
Uncontrolled Keywords: RESTFul API, Bot, Chatbot, Smart FAQ, JSON
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:54
Last Modified: 02 Jun 2021 08:54
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item