Kumarani, Lindri (2021) PENERAPAN DATA MINING DALAM MEMPREDIKSI PENJUALAN MINIMARKET KALIMASADA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : MINIMARKET KALIMASADA LASEM). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.
PDF (HLM JUDUL)
Download (620kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
Download (24kB) |
|
PDF (BAB I)
Download (194kB) |
|
PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
|
PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Download (127kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Minimarket Kalimasada merupakan salah satu bisnis dibidang perdagangan yang terletak di Jalan Kajar No. 20 Lasem, Kabupaten Rembang. Minimarket ini menyediakan berbagai macam sembako yang dibutuhkan konsumen dan untuk meningkatkan strategi penjualannya diperlukan pengambilan keputusan yang tepat dalam memberikan pelayanan, sehingga membutuhkan infromasi dalam mengembangkan bisnisnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan analisis data transaksi penjualan dengan menggunakan cara Asosiasi Data Mining dengan Algoritma Apriori. Penerapan Algoritma Apriori diharapkan mampu menemukan perilaku konsumen dalam membeli produk secara bersamaan. Pola tersebut digunakan sebagai acuan dalam meletakan produk yang dibeli secara bersamaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Algoritma Apriori dapat digunakan untuk mengolah data transaksi penjualan menjadi informasi baru yang diolah menggunakan Software Rapidminer dengan nilai minimum support sebesar 0,06 (6 %) dan nilai confidencen 0,5 (50%), sehingga dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat membantu meningkatkan dan mengelola bisnis dengan baik. Kalimasada Minimarket is one of the businesses in the field of trade located at Jalan Kajar No. 20 Lasem, Rembang Regency. This mini market provides various kinds of necessities that consumers need. To improve their sales strategy, it is necessary to make the right decisions in providing services. So the mini-market needs information in developing their business. To overcome these problems, it is necessary to analyze sales transaction data by using the Data Mining Association method with the Apriori Algorithm. The application of the Apriori Algorithm is supposed to be obtained to find consumer behavior in buying products simultaneously. The pattern is used for the purchased products together. The results of this study indicate that the Apriori Algorithm can be used to process sales transaction data into new information that is processed using Rapidminer Software with a minimum support value of 0.06 (6%) and a confidence value of 0.5 (50%). This research can help improve and manage the business well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKR.I.05.01.2036 NIM 17.01.53.0084 |
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, Algoritma Apriori, Rapidminer, Aturan Asosiasi Data Mining, Apriori Algorithm, Rapidminer, Association Rules |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Faculty / Institution: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Teteh Hayati |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 06:36 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 06:36 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/8037 |
Actions (login required)
View Item |